Blog Manja adalah blog yang berbagi informasi seputar puisi cinta romantis kata mutiara kesehatan dan kecantikan serta dilengkapi dengan info menarik bagi anda

5 Manfaat Kesehatan Dari Kacang Tanah

peanut1Kacang tanah adalah salah satu makanan yang sangat populer di India. India adalah salah satu negara paling TOP ( Diikuti Brazil dan Cina ) yang memproduksi dan mengkonsumsi kacang.
Ada beberapa cara yang sering di gunakan orang untuk mengkonsumsi kacang, ada yang di makan mentah, direbus atau dijadikan sebagai topping sebuah makanan seperti ice cream.





Tahukah anda kalau kacang tanah tidak sepenuhnya masuk dalam keluarga kacangan?
Kacang tanah berasal dari keluarga fabaceae seperti buncis dan kacang polong. Ada banyak jenis kacang tanah seperti virginia, spanyol, valencia dan runner adalah kategori kacang yang tersedia dipasaran.
Oh ya bisa juga anda konsumsi selai kacang dimakan bareng dengan roti tawar. Tapi ada sebagian orang yang alergi dengan selai kacang, jadi mereka lebih memilih makan kacang secara langsung. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan makan kacang tanah.

Manfaat dan Nutrisi Dalam Kacang Tanah

Jika anda adalah orang yang suka makan kacang, maka inilah manfaat yang bisa anda terima :
kacang tanah

1. Bagus Untuk Berat Badan dan Pembentukan Tubuh

Kacang tanah merupakan sumber yang kaya akan protein, mineral, antioksidan dan vitamin yang baik untuk kesehatan sehingga dapat meningkatkan energi. Selain itu kacang tanah juga memiliki protein diet yang baik yaitu asam amino yang membantu untuk pembentukkan tubuh.

2. Antioksidan

Salah satu manfaat dari kacang tanah adalah mengurangi resiko kanker perut ke tingkat yang lebih besar. Kacang tanah mengandung antioksidan poli fenolik ( resveratrol ) yang dinamakan p-coumaric acid yang dapat mengurangi kemungkinan kanker perut dengan mengurangi pembentukan nitrosamin karsinogenik.
Resveratrol juga dapat mengatasi penyakit jantung, kanker, infeksi jamur, alzeimer dan masalah saraf.

3. Sumber Kaya Vitamin E

Kacang tanah ternyata juga merupakan sumber yang kaya akan vitamin E. Hal ini berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan zat yang berbahaya.

4. Banyak Gizi

Kacang tanah merupakan sumber yang kaya vitamin B kompleks seperti riboflavin, thiamin, asam pantotenat, vitamin B dan folates. Vitamin ini sangat baik untuk otak dan dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
Selain itu juga kaya akan zat besi dan kalsium untuk pembentukkan tulang dan sel darah merah. Jika kacang tanah tersebut anda goreng, maka manfaat nutrisinya lebih banyak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang goreng memiliki nutrisi 3 x lebih banyak.

5. Mencegah Kanker

Kacang tanah adalah kacang anti kanker karena mengandung betasitosterol dan pitosterol lainnya yang melindungi tubuh dari usus besar, payudara dan kanker prostat. Selain itu juga mengandung serat dan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.
Itulah beberapa manfaat dan gizi yang terkandung dalam kacang tanah, jadi jika anda tidak doyan kacang tanah, maka anda melewatkan manfaat tersebut.

http://planetsehat.com/makanan-sehat/5-manfaat-kesehatan-dari-kacang-tanah/




0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar

Followers

5 Manfaat Kesehatan Dari Kacang Tanah