Blog Manja adalah blog yang berbagi informasi seputar puisi cinta romantis kata mutiara kesehatan dan kecantikan serta dilengkapi dengan info menarik bagi anda

Dibohongi NASA, Bumi Ternyata Datar?

Sejak Galileo Galilei mengatakan bumi itu bulat, maka sejak saat itu persepsi dunia terhadap bumi berubah.  Bumi yang semula dianggap datar, kini berubah menjadi bulat. Foto-foto NASA memperkuat kesimpulan bahwa bumi itu berbentuk seperti elips atau mendekati bundar. Hingga saat ini, tidak ada bantahan resmi dari dunia sains terhadap ‘fakta’ tersebut.
Benarkah demikian? Tidak, kata Flat Earth Society, sebuah organisasi yang menolak teori tentang bumi bulat sejak tahun 1956. Menurut komunitas ini, bumi bulat merupakan salah satu dari bagian konspirasi NASA dan pemerintah AS yang membodohi dunia dengan bukti-bukti palsu. Meski terlihat aneh, anggota organisasi ini setiap tahunnya bertambah 200 orang sejak 2009 (dan rata-rata mereka berasal dari Amerika dan Inggris).
Menurut mereka, bumi sebenarnya lempengan datar berbentuk cakram dengan Kutub Utara sebagai pusatnya, serta dikelilingi oleh dinding es di Kutub Selatan. Matahari dan bulan berjarak 3000 mil atau 4800 km di atas bumi. Grativasi bumi juga sebuah ilusi menurut mereka, sebab kecepatan benda tidaklah semakin bertambah ketika jatuh ke bawah (menurut Newton sebesar 9,8 meter perdetik) justru benda semakin bertambah kecepatannya ketika ke atas karena pengaruh dari ‘dark energy’ yang misterius. Sedangkan foto-foto bumi yang dipublikasikan NASA adalah foto rekayasa. Bahkan pilot pesawat terbang merasa pesawat yang mereka bawa masih di atas sebuah ‘bola’, padahal sebenarnya mereka terbang di atas sebuah cakram.
Untuk apa pemerintah merekayasa ini?
“Uang,” demikian penjelasan yang didapat dari situs resmi organisasi ini. Secara logika, lebih hemat menciptakan program luar angkasa yang palsu dibanding benar-benar meneliti tentang alam raya ini.  Flat Earth Society menggunakan Metode Zetitic sebagai ganti Metode Ilmiah yang sudah dikenal sejak lama. Metode ini menggabungkan antara pengalaman empiris dengan rasionalisme dengan dasar penalaran deduktif. Penalaran deduktif merupakan prosedur yang berpangkal pada suatu peristiwa umum, yang kebenarannya telah diketahui atau diyakini, dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat lebih khusus. Metode ini diawali dari pembentukan teori, hipotesis, definisi operasional, instrumen dan operasionalisasi. Dengan kata lain, untuk memahami suatu gejala terlebih dahulu harus memiliki konsep dan teori tentang gejala tersebut dan selanjutnya dilakukan penelitian di lapangan. Dengan konteks penalaran deduktif tersebut, konsep dan teori merupakan kata kunci untuk memahami suatu gejala. Contohnya, jika kita meyakini bahwa bumi ini datar, maka seluruh bukti-bukti empiris haruslah memperkuat ini.
Mereka juga memiliki teori percepatan elektromagnetik untuk menjelaskan terbit dan terbenamnya matahari (yang kalau menggunakan teori umum, bumi berputar mengelilingi matahari). Bahkan mereka tidak mempercayai adanya satelit yang mengorbit bumi. Menurut organisasi yang sekarang dikepalai oleh Daniel Shenton, semua penjelasan tentang karakteristik bumi yang selama ini didoktrin dari NASA dapat juga mereka bantah, mulai dari penjelasan mengenai fenomena pasang surut air laut, erupsi vulkanik, zona waktu, kompas, dan lainnya. Selain itu, organisasi ini juga menganggap pemanasan global adalah hoax alias isyu palsu.
 
Flat Earth Society juga memiliki versi tersendiri mengenai peta bumi datar yang menempatkan Kutub Utara sebagai pusatnya. Peta tersebut bukan 2D, melainkan lingkaran. Uniknya, logo resmi badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sendiri mirip dengan peta ini. Apakah PBB secara tersirat percaya kalau bumi itu datar?
Sumber: Guardian, The Flat Earth Society, LiveScience,  Wikipedia dan lainnya



297 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 297   Newer›   Newest»
agen sbobet said...

loh, kalo bumi datar, gimana berputar mengelilingi mataharinya, dan knp ada kutub utara sama selatan?bingung ya gan.

Isa Citra Buana said...

Masa sih Bumi bentuk nya Piring. Comment Ane sih ..... pasti setiap ujung bumi datar itu nanti kayak jurang.. wkwkw Serius. Bumi datar Palsu

Unknown said...

Matahari Bulat, Bulan Bulat, Bumi Datar?
Udah Gila yang bilang bumi datar...!!!!

Anonymous said...

Inilah yg suka komen tanpa data, silahkan cek video di you tube konspirasi bumi datar ada 6 episode yg nda boleh anda lewatkan supaya anda tidak dibodohi elit global

budi prabowo said...

operasi militer amerika dan soviet yang membuat mata saya jadi terbuka akan kebohongan mereka. admiral amerika mengatakan bahwa dibalik antartika ada benua-benua seluas amerika. dan amerika harus berhati hati akan serangan musuh. fix bukan. kalo memang benar bumi bulat. buat apa mereka membangun pangkalan militer disana.dan dia menambahkan adanya minyak dan batu bara yg bisa menghidupi seluruh bumi..

budi prabowo said...

operasi militer amerika dan soviet yang membuat mata saya jadi terbuka akan kebohongan mereka. admiral amerika mengatakan bahwa dibalik antartika ada benua-benua seluas amerika. dan amerika harus berhati hati akan serangan musuh. fix bukan. kalo memang benar bumi bulat. buat apa mereka membangun pangkalan militer disana.dan dia menambahkan adanya minyak dan batu bara yg bisa menghidupi seluruh bumi..

Youtube Rusak said...

nih channel video tentang bumi itu datar (wajib nonton)
https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw

IBagus Waskito said...

Udah jelas.. semua argumen bumi bulat bisa dibantah semua. Karena kebenaran pasti menang

Dinal Yusmar said...

Ya, aku percaya bumi itu datar.. Selama ini elite global yg merusak sejarah, kita di doktrin dgn asumsi kebohongan mereka.. Bnyak space program para elite global yg memperbodoh.. Bakayaro..

Dinal Yusmar said...

Ya, aku percaya bumi itu datar.. Selama ini elite global yg merusak sejarah, kita di doktrin dgn asumsi kebohongan mereka.. Bnyak space program para elite global yg memperbodoh.. Bakayaro..

Palugodam utara said...

buka aja surah yassin 38-41.. di ayat itu menjelaskan klo matahari yang mengitari bumi....

Palugodam utara said...

buka aja surah yassin 38-41.. di ayat itu menjelaskan klo matahari yang mengitari bumi....

Anonymous said...

Yap anda benar sekali budi

Anonymous said...

Yap dari kecil mereka sudah mendoktrin kita dengan kebohongan mereka , kebohongan besar yang diucapkan berulang ulang akan merubah mindset kita seperti yang mereka inginkan .good job dinal

Abu Sultan Al Indunisi said...

Teory kuno ingin dihidupkan lagi, memang dunia semakin tua dan sebentar lagi kiamat....barulah teori mana yg paling benar....

A. Ghifari said...

Gak baca ya?? Kalo bumi datar, matahari dan bulan yg mengelilingi bumi. Kutub utara itu pusat dari bumi dan kutub selatan mengelilingi bumi seperti tembok pagar

A. Ghifari said...

Terima aja kenyataannya goblok

A. Ghifari said...

Ujungnya belum ada yg penah ke sana karena dihalangi tembok es di antartika. By the way ada yg pernah lewat sana trus langsung kirim kode darurat suruh luncur pasukan dan katanya banyak sumber daya alam di sana. Jadi di luar tembok antartika ada daratan luas lagi

Anonymous said...

Ihh mulutnyaaa gituuu... Kasian bgt ...sekolahnya dimana sih???

Syukri Ahsani said...

Dinosaurus hoax, evolusi hoax, peradaban manusia dan fosil raksasa disembunyikan, sejarah diputar-balikkan, pendaratan di bulan hoax,.... Mungkin saja bumi bulat juga hoax,..... Flatearth yes

Fergy Izvan Riskiyanto said...

Bumi itu Bulat woyyyy................. :v

Aris Rizwan said...

Oh gitu ya om ^_^ salam hormat dari flat moon :u

Anonymous said...

Hujjah berdasarkan Al-Qur'an & As-Sunnah serta fakta ilmiah bahwa Bumi Datar:
1. Terdapat banyak ayat di dlm Al-Quran ditemukan frasa "Bumi yg Terhamparkan", dimana para ulama mengartikan kata hamparan = datar.
2. Sabda Rasullalah bahwa di langit ke7 terdapat Baitul Makmur tempat tha'wafnya para Malaikat yg sejajar tegak lurus dgn Ka'bah, ini menandakan bahwa bumi itu datar bukan bulat.
3. Sholat dimanapun kita berada slalu sejajar lurus dgn Ka'bah, lain halnya jika bulat sbg contoh jika sholat di belahan bumi Amerika maka Ka'bah letaknya lurus sejajar dibawah kaki kita.
4. Kompas slalu mengarah ke Utara.
5. Pesawat keliling dunia dari barat ke timur atau sebaliknya & mustahil dari utara ke selatan atau sebaliknya karena bagian selatan dikelilingi tembok es raksasa.
6. Navigasi laut & udara faktanya menggunakan bumi datar bukan bulat sbgm yg dipublikasikan oleh NASA si Dajjal (pendusta/penghianat).
7. Fakta ilmiah hasil site survey dilapangan, contohnya permukaan laut yg terbukti datar.

Wallahu alam bish-showab

Anonymous said...

Dapatkah matahari dilihat dimalam hari, dengan menggunakan teleskop? Yang punya teloskop tolong share ya....Jika dapat dilihat berarti bumi memang datar. Tapi kalau tidak dapat dilihat berarti....???

Unknown said...

Ngapain repot2 cari matahari yg cm 1,, liat aja satelit yg diluncurkan NASA jumlahnya ada 2000an kyaknha,, nah klo yg 2000 aja gk kliatan pake teleskop mikro mungkin kah sebenarnya satelir gk ada????

Anonymous said...

kalaupun memang benar satelit itu ada, ini lebih memperkuat bahwa bumi datar. Dan akan lebih menjadi tambah jelas lagi bahwa bumi datar kalau memang matahari dapat dilihat pada malam hari dengan teleskop... saya pikir pembuktian bahwa bumi datar atau bulat lebih akurat dengan melihat matahari pada malam hari dengan teleskop. Bagi yang punya teleskop tolong dishare ya disini...

DUDUNG SHANDY said...

Setau saya bumi ini datar dan tidak bergerak bila bergerak pasti ada gempa atau gunung meletus dan planet di angkasa / di langit terus berputar mengitari bumi hanya satu planet yang tidak bergerak yaitu bintang utara.kalau tidak percaya baring saja satu malam penuh di puncak gunung semeru sambil menikmati indahnya alam semesta ini.

Purwoko Adi said...

ada baiknya melihat dari 2 sisi. kita telah cukup banyak mendengar teori bumi bulat. akan lebih objektif jika kita juga mencoba membandingkannya dengan teori bumi datar. setidaknya kita telah disuguhi 6 video flat earth. yang belum lihat udah dikumpulkan videonya di http://winapurwokoadi.blogspot.co.id/2016/07/bumi-datar.html

Sejahtera Komputer said...

jika matahari dan bulan memutari bumi, seperti jarung kompas,, maka titik putaran., pada bumi ada yang tak terkena matahari dan bulan,, lebih jelasnya di tengah2nyalah.. berarti disana bisa melihat bulan dan matahari dong..., atau tidak sama sekali

Yustus Rama said...

jika bumi itu datar, seluruh dunia akan mengalami siang dan malam yang bersamaan, tetapi jika bumi itu bulat siang dan malam tidak akan bersamaan, dan akan terjadi perbedaan waktu didunia..

Unknown said...

Video di youtube bagus, tapi sayang, isinya cuman "katanya", "menurut", "seperti dikatakan", gak ada bukti ilmiah sama perhitungan matematis, penulis harus lebih objektif, tampilkan bukti ilmiah, bukan "katanya"

yudhie adam said...

Kalo bumi datar siangnya samaan semua dong di dunia?

Andi Mahesa said...

Kalo menurut ane bumi bentuknya prisma segisembilan, hahaha sepertinya pemimpin organisasi ini perlu di ajak jalan jalan ke luar angkasa, atau paling ngga di ajak terbang lewatin kutub selatan, biar tau kalau bumi tidak datar, melainkan prisma segisembilan

Anonymous said...

Lalu kenapa matahari terbit dari Timur terbenam di barat? Kalau menurut Teori bumi Itu datar (di YouTube) katanya kan mataharinya muter muter mengikuti gariskhatulistiwa, berarti gak pernah terbenam dong? Mataharinya cuma terbang dari Timur ke barat aja.Gapernah akan ada Malam.����

Anonymous said...

Berarti selama ini gempa dan gunung meletus terjadi karena bumi bergerak?!?! Setau saya gempa bumi terjadi karena gaya konveksi thermal.
Sekedar info, planet yang tidak bergerak Itu namanya Polaris dan dia Itu bintang(kayak matahari) bukan planet.

Anonymous said...

Trus kok ada Google maps? Mereka foto pake apaan tuh? Apakah foto mereka merupakan editan CGI? Wkwkwkwk

Gilang B. Saputro said...

Cuman mau bilang aja yg d youtube 6 eps itu ndak cuma "katanya" ato "menurut". Bukti video jg d cantumkan. Kalo bukti video ndak cukup harus bukti apa lagi. Lihat dulu semua eps dulu. D logika masuk ndak. Kalo aku seh lebih penasaran apa yg d balik dinding es dari pada bumi bulet pa datar.

Gilang B. Saputro said...

Cuman mau bilang aja yg d youtube 6 eps itu ndak cuma "katanya" ato "menurut". Bukti video jg d cantumkan. Kalo bukti video ndak cukup harus bukti apa lagi. Lihat dulu semua eps dulu. D logika masuk ndak. Kalo aku seh lebih penasaran apa yg d balik dinding es dari pada bumi bulet pa datar.

Rassya If said...

Ya kayanya Ilmu geologi bisa di ubah nih :( ..

dwi feri setiawan said...

Faktanya foto dari Google map di ambil dari dron bukanlah dari satelit

dwi feri setiawan said...

Faktanya foto dari Google map di ambil dari dron bukanlah dari satelit

dwi feri setiawan said...

Sinar Matahari memancarkan sinar lokal, maka dari itu tidak semua bagian bumi tersinari matahari. Faktanya semua pemikiran ane dari SD sampai sekarang kalau bumi itu bulat bola itu gk nyambung dan gk singkron gak bisa dinalar,Tetapi setelah melihat videonya bahwa bumi itu datar seperti cakram,semua menjadi logis. sudah lah tidak usah membantah, faktanya dari kecil kita sudah di bohongi.

Gilang B. Saputro said...

Nice...

Andi Mahesa said...

Bukti dari hukum fisika dan matematika sederhana dan tidak ngawur

Andi Mahesa said...

Sekarang ane tanya! menurut loe mataharinya memancarkan sinar ke segala arah atau hanya memancarkan sinar kebawah saja ibarat senter gitu?

Andi Mahesa said...

Dan satu lagi mas, kalau boleh tau pemikiran anda ttg bumi yang bagaimana yang gak nyambung dan gak sinkron? Bisa ditanyakan disini mungkin ada teman teman atau saya sendiri yang akan menyambungkan dan mensinkronkan penikiran anda

yogi mahardhika said...

HADOOOH, KASIHAN BANGET SI ADMIN N DE GENG, MATAHARI LO PIKIR MACEM SENTER YA PERKARA SIANG MALAM, BENTUKNY CAKRAM DONG, ADA YG PERNAH LIAT BENTUK MATAHARI ELIPS G? TETEP BULET KAN DARI PAGI AMPE SORE, ITU ARTINY MATAHARI BULAT, BEGITU JUGA BULAN, BEGITU PULA SINAR YG DIPANCARKN AKAN KE SEGALA ARAH, LAH KLO BUMINY DATAR MAKA DARI TEMPAT MANAPUN DI BUMI INI BAKAL BISA LIAT MATAHARI, G BAKAL TERBIT N TERBENAM DI CAKRAWALA, KAN SITU SENDIRI YG BILANG MATAHARI MA BULAN DIATAS GARIS KHATULISTIWA VERSI DATAR, JD YA G BS TERBIT OR TENGGELAM DI CAKRAWALA DALAM KEADAAN MASIH BULAT BESAR GITU, KLO ARGUMENNYA "KARENA JAUH" MAH TETEP G BS BERPOTONGAN DI CAKRAWALA, KLO JAUH TUH TETEP ADA DIATAS CAKRAWALA SAMPE KUUUUECIIIIL POL TETEP MENTOK DI GARIS CAKRAWALA, WUDLU GIH, SHOLAT, SEDEKAH, DRPD DEBAT PAKE LOGIKA YG BIKIN NANGIS KYK GINI

Andi Mahesa said...

Hahaha ngaco ni mas/mbaknya? Kalo malam harus diarahkan kemana mas/mbak teleskopnya agar dapat gambar matahari? Saat petang aja matahari udah tenggelem dan setelah itu ilang

Andi Mahesa said...

@unknown: jawaban anda adalah pernyataan untuk mengelak?
@dwi: mana yang menunjukan fakta foto google map diambil dari drone?

Anonymous said...

Mana contohnya yang benar benar terpatahkan? Dan saya akan mematahkan balik

Andi Mahesa said...

Hahaha baru mau tak jelasin udah dijelasin mas @yogi mahardika. nice mas.
Dan satu lagi jika matahari kaya senter dan sinarnya lurus kebawah INGAT HANYA LURUS KEBAWAH, maka di gedung pencakar langit kaya burj khalifa hanya punya satu waktu. Kenyataannya di lantai paling atas akan terbit matahari lebih dulu dan tenggelam lebih akhir dari yang lantai bawah. Karena batas cakrawala menjauh.
Dan kalau matahari kaya senter yang sinarnya semakin membesar seiring bertambahnya jarak (kaya kerucut gitu) harusnya yang pertama melihat matahari yang bawah dan yang bawah pula yang akan terakhir melihat menghilangnya matahari. Kalo bingung bayangin segitiga(sinar)dengan alas dibawah, ada tiang di sebelahnya, geser segitiga menuju tiang, maka dasar tiang yang akan pertama disentuh segitiga. Dan kenyataannya seperti yg saya jelaskan diatas.

Terpatahkan semua argumen anda mengenai matahari.

Andi Mahesa said...

@ A. Ghifari terus bagaimana cara kerja matahari dan bulan yang berputar putar diatas khatulistiwa? Tanpa ada daya pendorong untuk terbang dan bisa nengikuti khatulistiwa.

Andi Mahesa said...

@A. Ghifari 100 milliar lebih orang di bumi dari yang masih idup ampe udah meninggal dan banyak pula yang jadi pengelana bumi, tidak ada satupun yang pernah ngliat ujungnya? Atau sejatinya emang gak ada, Kasihan ya. Terus ada yang pernah tapi "katanya". Hahaha

Andi Mahesa said...

@palugodam tahu tidak bahwa matahari salah satu bintang biner(bintang kembar) pasangannya adalah bintang alpha centauri. Mengorbit satu sama lain. Tapi jangan bayangin orbitnya kayak matahari dan bulan di teori bumi datar. Jadi yang di maksud bukan mengorbit bumi

Objektif said...

Tes tes

Objektif said...

Apakah sy pendukung bumi bulat atau datar? Logikanya begini. Skrg hanya ada 2 pilihan, bulat atau datar. Si bulat sdh sdh terlalu banyak bicara selama 50 tahun lbh melalui NASA. Dan Si datar lebih banyak diam atau cenderung pasif. Skrg banyak yg ternyata diungkapkan oleh Si Bulat tidak logis. Ketika sy menilai ternyata di bulat kebanyakan "berbohong" maka wajarlah kalau sy cenderung lebih "percaya" kepada si Datar. Meskipun sy tidak bisa membuktikan bahwa bumi itu datar. Tapi paling tidak sy sudah menemukan argumentatif ilmiah (bukan bukti nyata) bahwa apa yg dikemukakan oleh NASA banyak bohongnya. Baik yang berhubungan langsung dgn teori bumi bulat maupun yg tidak berhubungan. Tp paling tidak itu menjadi bukti awal untuk meneliti lebih jauh mana yang benar. Meskipun juga saya menyadari bahwa kalaupun NASA banyak yg tdk benarnya, juga tdk serta merta bahwa bumi tidak bulat dan pasti datar.

Objektif said...

Apabila seseorang memegang teguh konsep yg dianjarkan sejak kecil ttg teori bahwa bumi bulat apalagi ditambah visualisasi globe di kelas waktu SD dan foto yg dirilis NASA, maka wajarlah kalo pendukung bumi datar dianggap "gila". Tapi cobah keadaanya diputar balik. Misalnya, selama ini NASA mengajarkan bahwa bumi datar ditambah foto yg membuktikan bahwa bumi datar. Kemudian tiba2 ada sekelompok kecil org yg berpendapat bahwa bumi bulat. Tentu kebanyakan org berkata: ini org gila!!! Bagaimana mungkin air di samudera tidak tumpah kalau bumi itu bulat?.

Objektif said...

Secara psikologis seperti itu. Tapi kan selama ini, teori bumi bulat selalu 1 paket dgn hukum gravitasi untuk membackup pertanyaan mengenai air samudera knp tidak tumpah.

Objektif said...

NASA tdk logis misalnya mengatakan jarak bumi ke matahari 149.600.000. Menurut argumentasi logis sy, kalo memang jaraknya sangat jauh seperti itu, harusnya terik matahari yang dirasakan di Papua pada jam 12 siang harusnya sama saja dgn terik matahari di Jakarta pada jam 10. Krn jarak antara papua dgn jakarta berdampingan seperti jari telunjuk dgn jari tengah kalau diintip dari celah plafon. Tp kenyatannya kan beda antara terik jam 10 dgn 12. Atau coba ilustrasikan ini. Simpan globe di tengah lapangan bola yg gelap. Kemudian senter globe itu dari pinggir lapangan. Apa intensitas sinar yg diterima papua di globe berbeda dgn jakarta di globe. Hayoo ??? (Itu baru kegelisahan sy yg pertama)

Objektif said...

Secara psikologis seperti itu. Tapi kan selama ini, teori bumi bulat selalu 1 paket dgn hukum gravitasi untuk membackup pertanyaan mengenai air samudera knp tidak tumpah.

Objektif said...

Apabila seseorang memegang teguh konsep yg dianjarkan sejak kecil ttg teori bahwa bumi bulat apalagi ditambah visualisasi globe di kelas waktu SD dan foto yg dirilis NASA, maka wajarlah kalo pendukung bumi datar dianggap "gila". Tapi cobah keadaanya diputar balik. Misalnya, selama ini NASA mengajarkan bahwa bumi datar ditambah foto yg membuktikan bahwa bumi datar. Kemudian tiba2 ada sekelompok kecil org yg berpendapat bahwa bumi bulat. Tentu kebanyakan org berkata: ini org gila!!! Bagaimana mungkin air di samudera tidak tumpah kalau bumi itu bulat?.

Andi Mahesa said...

Anda kurang memperhatikan yang namanya atmosefer dan lamanya penyinaran mas/mbak. Pada saat jam 12 di papua atmosfer tegak lurus dan dijakarta masih jam 10 tentu sudutnya tidak akan 90 derajat karena matahari belum tegak lurus, sehingga sinar harus menembus atmoser lebih banyak dan tentu sinar akan lebih banyak di pantulkan dan diserap. Pada waktu sorepun panas akan berkurang karena keadaan diatas.
Kedua karena di Papua sudah mendapat sinar matahari selama 6 jam (anggap terbit jam 6) dan jakarta baru 4 jam. Anda tentu tahukan perpindahan panas membutuhkan waktu juga.

Bisa dipahami mas

nico demoz said...

Berarti kalo bumi datar dan matahari yg berputar di atas bumu..maka kita lihat matahri terbit dengan ukuran kecil lama lama jadi besar gt..dan sebaliknya jika matahari terbenam maka kita lihat matahari dari besar semakin mengecil karena matahri semakin menjauh kalau malam hari...tp kenyataanya saya lihat pagi hari matahari tetap dengan ukurannya sampai terbenam...gmn ini penjelasannya...?

Andi Mahesa said...

Saya tidak akan membantah ttg orang yang dianggap "gila" saat ada orang itu berbeda pendapat dengan yang lainya. 5 abad yang lalu keadaannya terbalik dari sekarang sampai ada seseorang yang dianggap gila karna menyatakan bumi itu bulat dan orang itu dubakat hidup-hidup. Tapi kenapa setelah itu teorinya banyak dianut dan namanyapun dibersihkan? Karna teorinya dapat dijelaskan secara ilmiah dan dapat diterima akal sehat. Jika and ingin seperti itu (mengubah pemikiran) anda harus bisa menunjukan suatu bukti ilmiah dan penjelasannya (tentunya tidak boleh ngawur dan menyimpang dari hukum alam,) maka saya dan teman-teman akan menyatakan dukungan tentang teori anda.

Satu lagi, anda pikir semua ilmuwan, dosen dosen, para ahli, si pintar baik yang diindonesia atau di luar, dll yang percaya bumi bulat menelan mentah-mentah informasi itu tanpa berpikir? Hahah. Memangnya mereka semua berhubungan dengan nasa?
Saya dibesarkan dilingkungan khas jawa yang kental akan kebudayaan(mitos dll), tapi kenyataannya saya tidak pengaruhi oleh itu, karna tidak logis.
Saran saya anda harus punya ilmuan yang siap mendebat dengan logis setiap pertanyaan agar teori anda diterima.

Andi Mahesa said...

Harusnya jika anda ngomong seperti itu maka teori bumi datar langgeng dari awal masehi (bahkan sebelumnya) sampai sekarang dong? Tapi kenyataannya bukti bukti ilmiah menang diabat 16.

Andi Mahesa said...

Berarti 5 abad yang lalu tidak sesuai psikologis dong?

Andi Mahesa said...

Berarti 5 abad yang lalu tidak sesuai psikologis dong?

Ary said...
This comment has been removed by the author.
Ary said...

Betul tuhhh.. good coment

Ary said...

Betul tuhhh.. good coment

Objektif said...

@andi mahesa: Thanks. Ternyata Anda mulai memasuki apa yg sy pikirkan. Substansi yg ingin sy sampaikan di atas adalah: kalo jarak antara bumi dgn matahari sejauh itu, harusnya tidak ada perbedaan sudut atau derajat antara Papua dgn Jakarta. Perbedaan sudut yg sekarang terjadi menunjukkan bahwa matahari seharusnya tidak sampai 1 juta km. Apalagi sampai 149 juta lebih. Apalagi ukuran matahari juga ratusan kali lipat dibanding bumi.

Objektif said...

@nico: tidak bisa menentukan ukuran secara real dgn kasat mata. Bukan hanya karena salah satunya bergerak, melainkan karena matahari mengeluarkan cahaya yg cukup kuat sehingga intensitas sinar akan mempengaruhi ukurannya yg tampak. Malah beberapa peneliti menunjukkan ukuran matahari yg tampak lebih besar pada saat di kejauhan seperti pada jam 7 pagi atau 5 sore ketimbang jam 12 siang. Padahal bisa jadi matahari lbh dekat pada saat jam 12.

Objektif said...

@nico: malah ada juga yg pernah mencoba mengambil gambar matahari pada saat yg sama namun di tempat yg berbeda dalam regional yang sama. Hasilnya apa? Tampak perbedaan ukuran. Menurut org biasa seperti sy, harusnya sama saja kalau memang benar jarak matahari 149 juta lebih. Apasih pengaruhnya jarak puluhan kilometer dibandingkan ratusan juta kilometer? Makanya sy sangat meragukan kalau matahari kita sejauh itu. Jujur, sy malah berpikir kalau memang sejauh itu harusnya matahari menyinari separuh bumi secara global dalam waktu yg sama, bukannya terbagi secara lokal seperti saat ini.

Fiyanjai said...

jadi setelah dinding es antartika masih ada dataran lagi yah,, berarti matahari harus mlewati dataran baru itu dong untuk kembali ketimur, yang tentunya akan membuat jeda waktu dan membuat semua dataran di bumi harus mengalami gelap/malam. tapi apakah itu terjadi sekarang?

Objektif said...

@fiyanjai; good. Makanya dari awal sy mengatakan di atas. Kalo sejak awal konsep yg qt gunakan adalah seperti yg diajarkan selama ini, pasti rancu. Misalnya, Anda msh menggunakan konsep cara berputarnya bumi, bulan, matahari di atas bumi yg datar. Tentu akan membingungkan. Tapi bagi sy yg berusaha memahami cara berpikirnya teori bumi datar, tentu tidak rancu.

Objektif said...

@fiyanjai: sy berusaha menjawab pertanyaan Anda. Di peta versi bumi bulat skrg, bahkan di Google Maps. Bisakan Anda menggeser kursor untuk melihat kutub selatan secara utuh? Anda tdk akan melihat kutub selatan secara utuh. Bahkan hingga hari ini, ilmuwan penganut bumi bulat pun belum mengetahui pasti apa yg ada di sana. Bahkan belum ada 1 pun org yg pernah melintasi kutub selatan pdhl seharusnya bisa sampai lagi ke negara lain apabila memang bumi itu bulat. Padahal nyatanya? Justru saat ini dilarang melintasi. Hanya sampai pinggir saja boleh. Itu juga menjadi pertanyaan saya kenapa dilarang berdasarkan perjanjian antartika? Pasti ada sebabnya.

Objektif said...

Sebagai informasi, penganut bumi datar juga berhipotesa yg berbeda meskipun tentu semuanya meyakini bumi datar atau paling tdk sangat meragukan kebenaran teori bumi bulat.tp yg berkembang saat ini kebanyakan misalnya meyakini bumi itu tdk berputar justru matahari berputar di atas bumi yg datar di antara kutub utara (yg pada peta bumi datar justru berada di tengah) dengan kutub selatan yg berada di pinggir. Karena jaraknya yg tidak sampai jutaan kilometer (hipotesinya hanya sekitar 4.000-6.000 km) maka matahari hanya mampu menyinari cukup terik di antara kedua kutub itu dan intensitasnya akan semakin kecil pada wilayah yg semakin mendekati kutub utara dan selatan. Sekali lagi, itu baru hipotesis. Apakah ada yg tidak logis dari hipotesis itu?

anton saputra said...

Saya setuju kalo bumi itu adalah hamparan...

anton saputra said...

Tidak boleh melintasi antartika dan dsna dijaga ketat oleh tentara2 yahudi dan amerika...
Karena dsna terdapat kekayaan yg melimpah...
Dan takut terbongkar mengenai kebenaran bumi itu datar...
Jika kebenaran bumi itu datar terbongkar maka penjualan satelit tidak akan laku...

Objektif said...

@ anton: bahasanya.....dihamparkan bagimu. Artinya bisa jadi (maaf kalo sy salah krn bukan ahli penerjemah kitab), karena ada kata bagimu, jadi artinya bisa jadi dihamparkan bagi org indonesia, dihamparkan bagi org china, dihamparkan bagi org arab, dihamparkan bagi org rusia, dihamparkan bagi org amerika. Kalo seperti itu maka kata hamparan di situ bisa pula diartikan bumi bulat, bisa juga datar.

Anonymous said...

Monggo mau ikut pendapat mana saja silahkan. Kalau saya ikut pendapat bahwa bumi bulat dengan alasan: "ilmu falak (hisab) untuk perhitungan waktu sholat, arah kiblat, bulan baru hijriah menggunakan acuan bumi, bulan dan matahari bulat dengan rotasi dan revolusi nya masing, dan sejauh ini bisa dipercaya". Wallahu a'lam.

Objektif said...

@Anonymous:meski suatu saat telah dibuktikan bahwa bumi datar, waktu sholat dan arah kiblat tdk ada yg berubah. Alasannya, waktu sholat dari zaman Nabi sampai skrg tetap menggunakan patokan sinar matahari.misalnya, fajar ketika matahari mulai tampak, lohor ketika panjang bayangan tongkat sekian dari sinar matahari, atau maghrib ketika matahari tak lagi tampak bersinar. Bahkan bulan hijriah yg yg ilmu falak tentukan acuannya adalah bulan, tdk seperti tahun masehi menurut ilmuwan barat yg acuannya matahari.Kesimpulannya: bulat atau datar arah kiblat, waktu sholat, dan tahun hijriah tetap bisa ditentukan dan tdk ada sama sekali yg berubah. Karena toh selama ini, menggunakan caranya sendiri jd tdk dipengaruhi oleh bulat atau datarnya matahari.

Objektif said...

Dari sekian argumentasi sy di atas, belum ada sama sekali yg mampu membuktikan secara ilmiah kalo bumi itu datar. Sy hanya membantah bahwa jarak bumi matahari yg diakui secara umum yg sepanjang 149.600.000 km adalah salah dan tdk logis. Kalaupun Anda mengakui bahwa itu memang tdk logis, tdk serta merta juga Anda harus mengakui bahwa bumi tdk bulat. Makanya skrg sy mau bertanya. Mana yg logis menurut Anda, angka ratusan juta kilometer atau tidak sampai sejauh itu? Hayoo? Mohon dipilih.

Anonymous said...

Pak @Objectif. Betul bahwa dalam fiqih waktu sholat seperti itu. Nah dengan ilmu falak, dari acuan fikih itu dihitunglah jam berapanya masing2 waktu sholat untuk lokasi yang berbeda-beda. Sehingga orang2 sekarang tahunya waktu sholat itu jam. Dimana perhitungan nya menggunakan formula matematis dengan acuan perederan bumi dan matahari. Untuk arah kiblat, dengan ilmu falak bisa diketahui tanggal berapa matahari tepat diatas kabah. Demikian juga dengan bulan hijriah, bisa dihitung berapa derajat ketinggian hilal dll. Mungkin perlu ada ilmu falak lanjut dengan asumsi bumi datar, monggo para ahli ...

Andi Mahesa said...

Anda menyampaikan bagaimana mungkin matahari yang begitu jauh memberikan perbedaan sudut pada yang besar saat jam 10 dan jam 12? Itu karna mindset anda masih menganggap di bumi semua bidang datarnya sama. Sehingga anda menganggap di papua dan jakarta bidang datarnya sama.

Saya minta buka dulu mindset anda sebentar, bisa?

Di bumi yang bulat saat papua jam 12, matahari membentuk sudut dengan bidang datar 90 derajat karena bidang datar horizontal tegak lurus dengan garis matahari-bumi. Di jakarta yang masih jam 10 matahari membentuk sudut 60 derajat (ini adalah sudut yang dibentuk antara bidang datar horizontal seseorang di jakarta dan garis pandang orang itu ke matahari), mengapa terjadi perbedaan sudut yang relatif besar (30 derajat)? Bukan karna jarak yang ada antara jakarta dan papua, -jika jarak yang membedakannya maka papua jakarta harus berjarak sekian juta km kalau jarak bumi matahari saja ratusan juta km- yang menjadikannya yaitu karna bidang datar saat jam 10 masih belum sehorizontal yang ada di papua -kita sepakati dulu bidang datar horizontal sempurna yaitu pada saat jam 12- sehingga sudut yang tadinya 89.999.... derajat karna dikurangi oleh sudut yang ditimbulkan oleh jarak,dikurangi lagi oleh sudut yang dibentuk oleh bidang datar horizontal yang belum sempurna

Kesalahan anda adalah mengukur sudut papua-matahari-jakarta kemudian menghubungkannya dengan selisih sudut saat papua jam 12 dan jakarta jam 10. Padahal besar selisih sudut tersebut tidak berhubungan dengan sudut papua-matahari-jakarta.

Andi Mahesa said...

Mau tanya. metode apa yang digunakan dalam teori anda untuk mengukur matahari? Baik diameter maupun jarak. Sehingga ketemu hanya beberapa km(saya lupa berapa)?

Lo? bulan kan tidak mengeluarkan cahaya yang cukup kuat, knapa dia nggak mengecil jga?

Andi Mahesa said...

Makanya coba jelaskan biar kita-kita bisa paham dan tidak menganggap itu rancu

Andi Mahesa said...

Ada yang salah, revolusi bulan menentukan bulan hijriah. Apa buktinya bulan berevolusi? Ada sebagian daerah yang tertutupi bayang bayang. Anda dan kelompok anda menganggap bayang-bayang ini antimoon tapi tidak ada penelitian ilmiah dan buktinya.

Andi Mahesa said...

Jujur, saya milih yang ratusan juta, karna walaupun itu angka ektrim dan menimbulkan pertanyaan, selalu bisa dijelaskan dengan ilmiah pertanyaan tersebut. Daripada yang angka lebih logis tapi tanpa penjelasan dan bukti ilmiah?

Andi Mahesa said...

Benar sekali. Tapi anda hanya menafsirkan kata "dakhaahaa" hanya sebagai hamparan, padahal arti lainnya yaitu telur burung unta, lalu kenapa telur burung unta? Karena telur ini adalah yang paling cocok menggambarkan bulatnya bumi, daripada bola yang bulat sempurna. Di teori bumi bulat, bumi tidak bulat sempurna.

Andi Mahesa said...

Sekali lagi, model matahari anda tidak memungkinkan matahari tenggelam. Karna dengan ketinggian misal saya ambil 5000 km dan jarak datar saat tenggelam 10000 km( ini merupakan 1/4 keliling khatulistiwa -karna waktu saat matahari diatas kepala sampai tenggelam kira kira 6 jam-) maka akan membentuk segitiga dengan alas 10000 km tinggi 5000km sehingga sudut terendah antara alas dan garis pandang ke matahari adalah kira kira 22.5 derajat. Mungkinkah akan tenggelam? Logiskah?

Objektif said...

@andimahesa: sy mengatakan bulan berevolusi berdasarkan teori bumi bulat.dan kenyataannya pendapat umum skrg seperti itu. Soal antimoon, ada sepakat dan ada tdk sepakat.

Objektif said...

Menurut wikipedia metode ilmiah adalah proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen.

Objektif said...

Kata kunci terakhir di situ adalah ekaperimen atau percobaan. Skrg sy sementara menyusun penjelasannya mengenai eksperimen antara bumi kita, matahari dan bulan. Sy akan berusaha jelaskan agar mudah divisualisasikan. Nanti kita sama2 menilai apakah jarak rata2 bumi matahari sebesar 149.600.000 ilmiah atau tidak. Bukan sekadar logis atau tidak, tapi ilmiah atau tdk. Nanti sy akan publis di sini.

Andi Mahesa said...

Nice, tapi sekali lagi jangan penjelasannya jangan ngawur. Anda tentu ingin teori anda di akui kan? Maka anda harus bisa menjelaskannya dengan ilmiah. Kita hidup di zaman modern dimana suatu pernyataan exact harus dijelaskan dengan ilmu yang berkaitan dengn tepat.

Andi Mahesa said...

Maka bagaimana menjelaskan bulan suatu saat ada yang gelap saat lainnya terang semua?

Andi Mahesa said...

Kok anda percaya wikipedia? Wikipedia bohong lho...

Paul Richard said...

Apanya yg terpatahkan? Kalo tau setengah2 ga usah soo..

Paul Richard said...

Benar sekali...

Paul Richard said...

Benar bagaimana, kalau kita buat komunitas flat earth society cabang indonesia?

Paul Richard said...

Benar bagaimana, kalau kita buat komunitas flat earth society cabang indonesia?

Paul Richard said...

Benar sekali...

Paul Richard said...

Apanya yg terpatahkan? Kalo tau setengah2 ga usah soo..

Andi Mahesa said...

Mana yang setengah setengah mas?
Menurut anda bagaimana model mataharinya?

deni indra said...

cukup disimak aja, nanti kalau kita sudah di akhir jaman, pasti akan tau, tidak usah diperdebatkan antara yang bulat, datar, semua memiliki hak untuk berpendapat, jadi tidak ada salahnya.

Ibnu Jamil said...

lihat aja videonya udah nambah

Ibnu Jamil said...

andi Mahesa ngotot banget, tu lihat aja , pesawat dari bali tujuan ke LA kok mendarat dengan tiba2 karena ada penumpang lahiran. mendarat tiba2 ko di alaska???

Anonymous said...

Kalian berdua terlalu paranoid , emangnya setelah diajari bumi itu bulat kami gak berpikir bagaimana bisa bumi itu bulat ?

Anonymous said...

Air samudra tidak tumpah karena adanya gravitasi gan
Lagipula saya tdk menganggap kalian gila , saya hanya menganggap kalian terlalu paranoid dan kurang berpendidikan

Anonymous said...

Justru lo yg udh dibohongi sama yg buat video , dia cma org indonesia yg pengen terkenal .lo bilang di bohongi elit global? . gak nyadar apa lo yg udh dibohongi sma yg buat video abal2 .dan ngarang

Anonymous said...

sekarang gini aja, kalo bumi memang berputar coba anda terbang diatas pulau jawa selama 10 jam. adakah perubahan geseran. anda terdampar di pulau lain atau di tengah laut? atau anda tetap berada di pulau jawa??

Ke2t said...

ngga jelas ni situs. Bahas bahas teori pula macam prof aja. Fakta di lawan move on gan. Biarlah masa lalu berlalu relakan aja dia sama orang lain.

Anonymous said...

experimen simple: coba anda naik dalam kereta dg kecepatan 100km/jam misalnya. lemparkan koin ke atas, kemana koin akan jatuh kembali?

Anonymous said...

itu dalam kereta bro.. ya koin jatuh didalamnya juga.. ini kan terbang keluar bumi.. coba lempar koin diatas kereta.jatuhnya kmn tuh koin.. nih contoh eksperimen nasa, jatuhnya sih boleh bberapa menit.. tapi diudaranya berjam2 tuh pasti https://www.youtube.com/watch?v=vvbN-cWe0A0

Anonymous said...

aku juga nggak paham ilmu nya, tapi karena kereta bergerak, harusnya koin jatuh nya akan ke belakang, tapi kenapa jatuh kembali ke tempat semula....., bingung juga aku :-)

Anonymous said...

kok jatuh di tmpat semula??? coba berdiri diatas gerbong kereta.. lempar koinnya keatas.. jatuhnya dimana?? kalo di dalam gerbong ya koin jatuhnya di tempat semula..

Anonymous said...

kan dari awal sudah di bilang di dalam kereta. saat dilempar ke atas (dalam kereta) kan koin tidak nempel ke mana2, harusnya tertinggal dong?

Anonymous said...

Peristiwa lama gan. Dah banyak penjelasan

Anonymous said...

Lo kira bumi cuma daratan dan lautan, masih ada udara/atmosfernya juga kali. Klo lo experimentnya keluar kereta berarti lo juga harus keluar atmosfer

Anonymous said...

itu kan gw udah share orang yang lompat keluar atmosfer.. haduhhhhh

Anonymous said...

mohon maaf, karena saya nggak ngerti. saya hanya perlu penjelasan secara ilmiah kenapa koin tidak tertinggal. saya percaya bumi berputar, seberapa lama objek naik tegak lurus, akan jatuh kembali ke asal dengan analogi kereta bergerak dan koin tsb, tapi saya nggak tahu penjelasan nya.

Aslamnur Fikri said...

Gue gak habis pikir kenapa NASA yang sudah melakukan ribuan penelitian dibilang bohong dan seorang admiral yang baru "katanya" langsung dipercaya

Anonymous said...

karena dunia ini penuh konspirasi. sampai kapanpun amerika dan rusia tidak akan pernah berperang, kalaupun berperang itu hanya mengatur keseimbangan bumi.. yg disebut over population dan itu terjadi di timur tengah.. jika penduduk dunia tahu sesuatu yang telah di sembunyikan oleh mereka itu akan menciptakan global panic, oleh karena itu mereka merahasiakan apa yang mereka temukan. apapun itu yang bersifat unbelieveble. satu hal lagi penelitian nasa yg pling pnting adl mencari kehidupan lain

Anonymous said...

karena anda dan koin sama kecepatannya jika berada dlm 1 ruang yg ada di dalam kereta..

rasyid ridwan said...

Bumi itu datar gan, klo yg bulat itu namanya tahu. Tahu 'bulat' digoreng dadakan 500,an anget-anget...wakakakakak

rasyid ridwan said...

Bumi itu datar gan, klo yg bulat itu namanya tahu. Tahu 'bulat' digoreng dadakan 500,an anget-anget...wakakakakak

Adrianus S said...

liat dulu videonya

Al Nizami Ramada said...

Wah... Nabinya beda nih.
Astahgfirllah tanda2 kimat udah dekat. Haha

Sadar2 gan bumi itu bulat.

Al Nizami Ramada said...

Kalo emang bener bumi itu datar ko kenapa telor di taro di lantai itu bisa terguling sendiri ,pdahal lantainya datar loh.. Hayo.?

Prayogo Prastio said...

Saya menemukan ada gap di video bumi datar tersebut.
1. Di video dikatakan kalau ada dome yang menghalangi benda terbang keluar angkasa. Ada bukti awan jamur hasil ledakan nuklir yang ada tulisannya "terhenti disini" tapi mengapa ada wahana yang bisa mencapai 33km yang dapat mengambil gambar horizon bumi yang katanya datar. Tentu teori dome perlu di pertanyakan.

2. Jika Matahari terbenam karena perspektif pandangan. Maka matahari haruslah sebesar titik Dahulu baru menghilang.

3.jika antartika sangatlah luas dan tidak ada yang mampu melintasinya bahkan pesawat sekalipun lantas mengapa admiral byrd dapat mngatakan kalau ada benua lain di sebelah antartika? Berarti dia udah berhasil lewat dong.

4. Jika kutub selatan dilarang untuk dilintasi dan di jaga oleh pasukan militer. Lantas kutub selatan yg mana yg dijaga? Kan kutub selatan mengitari bumi datar. Apa mungkin semuanya di jaga?

Saya percaya bumi itu bulat. Saya tidak mengatakan yg percaya bumi datar itu bodoh. Namun terlepas dari kepercayaan masing2 terhadap bntuk bumi saya mengajak untuk lebih berbuat yang baik terhadap bumi kita ini.

Frederich O'Blessy said...

@andi kan sudah ada linknya , ditonton detail coba dari awal sampai akhir

Frederich O'Blessy said...

Dalam flat earth matahari bukan kaya senter, ukurannya yg lebih kecil

Frederich O'Blessy said...

Dalam sejarah, udh ada belum penjelajah yg keliling dari utara ketemu utara?

Frederich O'Blessy said...

Bisa dilihat fenomena musim panas di kutub utara, matahari muter muter dan gak ada malemnya, dan kalau masalah bulan kan beda kecepatan muternya sama matahari, buktinya terjadi gerhana berarti posisi bulan gak selalu sama

Frederich O'Blessy said...

@andi liat aja bang video presentasi google map oleh pemimpinnya sendiri, bahwa google memiliki drone untuk foto map

Frederich O'Blessy said...

@andi memang banyak yg mengelana bumi, udah ada blm yg melintasi utara selatan ketemu utara??? Jadi gak bisa begitu yakin juga antara bener atau enggak

Frederich O'Blessy said...

@andi itu di jelaskan dengan teori elektromagnetik dari tesla, dan mereka sama sekali mengorbit bukan karna gravitasi

Unknown said...

Kutup tdk bisa d duduki karna itu poros dsitu tempat yg sangat ekstrim pusat badai jika ada yg bisa merasakan berputar dgn kecepatan tinggi selah coba

Budi Antoro said...

Kutup tdk bisa d duduki karna itu poros dsitu tempat yg sangat ekstrim pusat badai jika ada yg bisa merasakan berputar dgn kecepatan tinggi selah coba

Anonymous said...

Yahh. . Kalo ane sih sebenernya percaya kalo bumi itu bulat. .
Elu pada mau blg bumi itu flat yah terserah. . Silahkan berargumentasi. . Nah kalo udah ada buktinya, usahain elu nyari ilmuwan yg dukung elu pada. . Klu udh dpat, silahkan ubah presepsi dunia ini dan presepsi ane. .

guntoro gundah said...

Menurut saya kurang rasional jika si pembuat video itu hanya untuk kepentingan pribadi

Anonymous said...

@frederich pernah Baca oengalaman bartolomeus Diaz yg mengelana lautan? Dia balik Lagi ke Tempat semula padahal Dia mengikuti arah kompas

Mas Ari dan Mbak Wati said...

pokoknya intinya kalo metode yang anda bayangkan bumi itu bulat tidak akan pernah bisa dipakai pada bumi yang datar, pelajari keduanya, bandingkan baru berargumen, karena anda hanya sekedar tahu bumi itu bulat dari buku dan bangku, saya percaya bumi itu datar, kalian percaya bumi bulat dari bukti orang lain, saya juga percaya bumi itu datar dari bukti orang lain. jadi apa bedanya, saran saya komentar jangan sok bener sendiri, kalian juga enggak punya bukti sendiri...

Irsyad Harisandy said...

Prinsip perputaran matahari dan bulan mirip yin dan Yan :3

Irsyad Harisandy said...

Gravitasi itu tidak ada :3

Irsyad Harisandy said...

Telor itu lonjong :v

Irsyad Harisandy said...

Telor itu lonjong :v

muca said...

coba kita singkirkan teori
semuanya. coba lihat ke laut...bagaimana perilaku kapal yg berlayar menjauhi daratan

Eric Son said...

Sesuai alquran ...
Mataharilah yg bergerak dari ujung timur ke ujung barat bumi.
Bukannya bumi yg mengitari matahari.
Bumi datar dan dihamparkan semacam tikar.

Eric Son said...

Disebut di alquran ... Yang pernah dan bisa sampai pada ujung dunia adalah zulkarnain, dis sempat membuat tembok penghalang yakjut makjut.
Sebelum kiamat tembok akan jebol dan yakjut makjut menghancurkan manusia.

Unknown said...

Assalamualaikum saudara saudaraku kita tidak usah berdebat dan saling menjatuhkan,, berargumen lah yang sopan dan saling menghargai antar sesama, wassalmualaikum

Unknown said...

Assalamualaikum saudara saudaraku kita tidak usah berdebat dan saling menjatuhkan,, berargumen lah yang sopan dan saling menghargai antar sesama, wassalmualaikum

Najib Fatoni said...

Udah patah koq mau di patahin lagi, nanti jadi apa bro??
Klo udah patah di lem lagi biar nyambung lagi..
Peace ya..

Anonymous said...

Komen yang ��

Anonymous said...

Komen yang ��

Anonymous said...

Bumi terhampar bulan dan matahari mengorbit pada porosnya !

Unknown said...

apakah bumi bulat dan berotasi? mari kita buktikan. coba naik helikopter di jakarta, mengambang aja terus selama 24 jam. kalo emang bumi bulat dan berotasi, tentu dalam 24 jam helikopternya udah mengambang di newyork bukan jakarta. tapi buktinya masih tetep di jakarta. so..? ambil aja kesimpulan sendiri.

wahyu andriyanto said...

Aku pernah lihat video youtube pesawat rusia mig29 terbang sampai ktinggian max dan terlihat jelas bahwa bumi bulat,

wahyu andriyanto said...

Klw bumi datar bawahnya apaan ? Trs airnya rembes dong bocor

Anonymous said...

Lu masih terlalu bodoh

Muhamad Farhan said...

semua pendapat harus dihargai, saya ada pertanyaan (sekedar tanya bukan bantah)
setelah tembok selatan ada apa? tak terbatas atau belum diketahui?
berapa ketebalan bumi?

Anonymous said...

Bumi mirip planet namex dong

Anonymous said...

Kalau kutub utara berada di pusat bumi datar dan kutub selatan berada di pinggirannya bumi yg datar, pada saat fenomena musim panas di kutub utara yg kata pak frederich "matahari muter muter dan gak ada malemnya" brarti di lokasi lain di bumi yg datar ga ada malemnya juga dong yaa, brarti rumah saya di balik bumi yg datar itu, karna waktu itu di rumah saya malem terus gak ada siangnya, akhirnya saya tau bahwa bumi itu tidak ada, semua hanya rekayasa elite global

Anonymous said...

Bumi yg tidak ada

Anonymous said...

Gw pengen ketawa ih baca komen bumi itu datar, di youtube live nt liat deh video dr ruang angkasa lgsg dr nasa. Ga mungkin iptek membohongi publik. Malah mereka memudahkan kita

Naldo Muhammad said...

Jika bumi itu datar, pasti sampe sekarang udah diketahui lebar diameter bumi datar dan ketebalan bumi datar, jika bumi datar peneliti dari berbagai dunia pasti ingin mencari tau dibagian bawah bumi itu apa? Jika bumi datar, kenapa bisa terjadi sunset? Kalo datar pasti matahari akan lurus kedepan bukan mengarah kebawah/atau tenggelam

asuka said...

Andy.. anda boleh semak youtube konspirasi bumi datar ada 9 episode

asuka said...

Saya pernah lihat matahari dan bulan pada waktu siang... dikiri saya matahari dan di kanan saya bulan.

asuka said...

Andy.. anda boleh semak youtube konspirasi bumi datar ada 9 episode

Unknown said...

KONSPIRASI ELIT GLOBAL... DUNIA INI SUDAH DI PENGARUHI SISTEM YG SALAH SEJAK KITA LAHIR.. JANGAN SALAHKAN GURU. NEGARA. PEMERINTAH.BAHKAN AMERIKA.. INI SUDAH SISTEM KONSPIRASI... MINORITAS DI ANGGAP GILA..

Anonymous said...

enakan yang bulet daripada yang datar

haziq-rozaq said...

Rata2 ulama arab jg percaya bumi itu datar. Klo bumi bumi berotasi & berevolusi kec 7x kec suara.mana mungkin yg katanya satelit nasa bisa mengikuti kec secepat itu. Di luar angkasa Pasti sdh ketinggalan jauh oleh bumi.

haziq-rozaq said...

Coba pikir kenapa pelangi berbentuk lengkung. Bandingkan dg klo kita membuat sendiri bias cahaya pelangi dg air yg pasti bentuknya tdk lengkung. Itu krn ada kubah bumi yg bentuknya lengkung jg.

haziq-rozaq said...

Klo km muslim & percaya bumi bulat. Trus klo km sholat kiblatmu kmn? Krn kabah brada dbawahmu. Allah sdh mengatur sedemikian rupa

haziq-rozaq said...

Knp kadang saat siang ada bulan & matahari. Klo teori bumi bulat, harusnya tdk bisa krn bulan tidak bisa nampak di siang hari, krn matahari ada di belakang bulan. Klo teori flat earfh mmg matahari & bulan punya cahaya masing2 & dg kecepatan masing2 pula

haziq-rozaq said...

Astronom muslim ibnu sina pun bilang bahwa bumi datar. Teori bumi bulat, teori big bang, teori evolusi, teori gravitasi .. adalah teori kebohongan elit global. Yg berusaha menjauhkan kita dr tuhan & agama. Yg menjauhkan kita dr kepercayaan bahwa tuhan lah yg menciptakan langit bumi & seisinya.

you dey said...

Bumi ada inti buminya yg panas larva buat gunung berapi meletuskan larva.trus kalo bumi datar larva dari mana..masa dari plaron...wk wk wk..

Anonymous said...

Pelangi bentuknya lengkung? Ngga tau penjelasan bulan ada di siang hari. Lo ngga tau fisika. Titik

haziq-rozaq said...

Dibaca lebih teliti lg donk mas

haziq-rozaq said...

Larva?...

Anonymous said...

Kapal terus mengecil dan menghilang

Muhamad gilang nugraha putra said...

Di Luar Angkasa sana Katanya ada lebih dari 13.000 satelit . sementara mnurut NASA bumi melaju dgn kecepatan 100.000 km/lebih ... tau sendiri bntuk satelit gmnakan? trus astrounot nya sering keluar ,jalan2 di luar angkasa / dket satelitnya . sementara satelit pun katanya berkecepatan 23.000km/jam ! wow kbayang kan kalau orang masuk d dlemnya .. Apalagi nympe keluar dan buka pintunya !. Terus ada leboh 13.000 satelit . dan jarak nya 400km dari bumi .apa ga saling tabrakan tuh? sebanyak itu. ? . Jadi Bumi bulat itu sepertinya ga masuk akal😑 . Karna dgn kecepatan seperti itu mana mungkin manusia bisa ke luar angkasa ? apalagi ke bulan ? lebih jelasnya Tonton video ini. https://youtu.be/E9tL-lPsDZM

Muhamad gilang nugraha putra said...

Di Luar Angkasa sana Katanya ada lebih dari 13.000 satelit . sementara mnurut NASA bumi melaju dgn kecepatan 100.000 km/lebih ... tau sendiri bntuk satelit gmnakan? trus astrounot nya sering keluar ,jalan2 di luar angkasa / dket satelitnya . sementara satelit pun katanya berkecepatan 23.000km/jam ! wow kbayang kan kalau orang masuk d dlemnya .. Apalagi nympe keluar dan buka pintunya !. Terus ada leboh 13.000 satelit . dan jarak nya 400km dari bumi .apa ga saling tabrakan tuh? sebanyak itu. ? . Jadi Bumi bulat itu sepertinya ga masuk akal😑 . Karna dgn kecepatan seperti itu mana mungkin manusia bisa ke luar angkasa ? apalagi ke bulan ? lebih jelasnya Tonton video ini. https://youtu.be/E9tL-lPsDZM

Asad Faizin said...

Menurut saya bumi ini datar dan diam alias tidak bergerak, yang berputar itu adalah matahari. Yg paling gampang menerima bumi ini tidak bergerak adalah teknisi prabola karna kalau sempat bumi ini bergerak sedikit saja sudah dipastikan siar tv yang dicari tidak bakal ketemu apalagi klo kecepatan bergeraknya sampai 1500km/jam.



Asad Faizin said...

Menurut saya bumi ini datar dan diam alias tidak bergerak, yang berputar itu adalah matahari. Yg paling gampang menerima bumi ini tidak bergerak adalah teknisi prabola karna kalau sempat bumi ini bergerak sedikit saja sudah dipastikan siar tv yang dicari tidak bakal ketemu apalagi klo kecepatan bergeraknya sampai 1500km/jam.



Unknown said...

. . bumi datar atau bulat saya ga peduli,, saya cuma senang aja orang2 kok pada sampe pikirannya kesitu ya,, hahaha.. saya sih mikir gimana caranya biar brtahan hidup aja,, hahaha idiot but jenius right,, hahaha

wahyu setio budi said...

tunggu aja 2th lagi... new era... siapkan perlengkapan perang
perahu kru dan persedia an.makanan
era baru segera di mulai
segera tobat

Andres Apriliano said...

Bodo amat percaya bumi datar atau bulat.. Yg pnting percaya sm Tuhan biar ga dikata musyrik...hehehe

Andres Apriliano said...

Bumi bulat vs bumi datar belum kelar.. Skrg ada yg bilang bumi itu prisma segisembilan.. Gw jd makin puyeng. Jgn2 bumi itu sbenernya berbentuk kerucut..

Anonymous said...

Hahaha...

Riefky Cinta said...

gays secara logika kalo datar pasti ada jurang di ujungnya . lalu kalo gi logikain ujung kiri itu negara mana ? ujung kanan negara mana ? palingan ujungnya laut lepas kan ? nah jika kapal umpama berlayar lalu mereka bakal jatuh ke jurang? gausah ujung utara dan selatan deh timur kebarat aja dulu di logikain. dari mana bisa bumi datar . ini nih tanda tanda kiamat begini

Riefky Cinta said...

haha apa sih adrianus dia benar siang dan malam kita beda setiap daerah jamnyapun beda beda tiap negara . mau liat video apa lagi siiihh hemm?

Riefky Cinta said...

hooaammmm . iya aja dah seterah lu tong

Riefky Cinta said...

lu pinter apa kelewatan pinter ?mau mati gosong lu ?

Riefky Cinta said...

@prayogo mantap broo teruskann . hehe mereka biarin aja beragumen sampe kiamat

bolham bodan said...

mau nanya nih, ga ada maksud buat argumen/debat
kalo misalkan bumi datar, kenapa ada pergantian siang dan malam, apa cahaya matahari nya yg kurang terang ? kalo bumi datar dan cahaya matahari itu luar biasa pasti bumi terang terus
maaf hanya bertanya
wassalam

Imam Munandar said...

yang benar itu bumi kita ini berbentuk eceng, tau eceng ? LOPE LOPE Gitu dehh booo hahahah

Anonymous said...

1.

Berarti :

Kalau bumi datar. Pertanda kehadiran kaum perusak (Yajuj Majuj) yang akan datang dari sebuah "Tembok Raksasa" itu perpaduan dari pasukan asa wahyudi (Amerika Yahudi) yang telah mendapatkan sumber energi tak terbataskan :3

Berarti :

Kalau bumi bulat kaum perusak itu dateng dari mana? Tembok cina :v?

------

2.

Berarti kalau bumi bulat semua magma dan inti bumi bakal selalu ada di dalem bumi karena terbungkus bumi

Berarti :

Kalau bumi datar, itu magma disimpen dimana :v?

------

3.

Kalau bumi bulet dia bakal bisa menahan berat" semua benda yang ada di atasnya (con:Bangunan,manusia,kendaraan)

Berarti :

Kalo bumi datar? Gak jebol tuh bumi :v

oly solikhatun said...

Coba tonton di youtube konspirasi bumi datar episode 5

oly solikhatun said...

Penerbangan dari bali ke L.A kenapa harus mendarat emergency di alaska saat ada orang melahirkan di pesawat padahal dalam globe rutenya gak nyambung
#tonton video youtube konspirasi bumi darat ep 5

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 297   Newer› Newest»

Post a Comment

Silahkan Berkomentar

Followers

Dibohongi NASA, Bumi Ternyata Datar?