Blog Manja adalah blog yang berbagi informasi seputar puisi cinta romantis kata mutiara kesehatan dan kecantikan serta dilengkapi dengan info menarik bagi anda

Tips menjaga Kesehatan saat Berpuasa 2012

Tips menjaga Kesehatan saat Berpuasa 2012 . Cara menjaga agar tubuh tetap Sehat pada saat berpuasa , kali ini saya akan berbagi tips menjaga kesehatan saat berpuasa . sebentar lagi kita akan menghadapi puasa 1433 H , pasti kesehatan itu sangat Penting buat tubuh kita saat menjalani Puasa , untuk mengetahui Tips dari saya sebaiknya kalian baca di bawah ini , semoga bermanfaat .


Tips menjaga Kesehatan saat Berpuasa 2012


1. Makan Sahur
Satu hal yang sebenarnya paling penting walaupun ini sunnah. Saya yakin pasti beberapa diantara kalian meremehkan hal ini, alias mengabaikan untuk sahur karena mungkin terlalu malas beranjak dari tempat tidur. Ini nih problem utama yang bisa menimbulkan kondisi badan down yang ujungnya sakit saat puasa. Supaya tetap segar dalam sehari sampai berbuka, menu makan sahur sebaiknya adalah makanan yang mudah dicerna dan Tinggi Kalori Tinggi Protein. Menu sahur tersebut, diperkirakan cukup untuk energi 12 jam. Adapun sisa dua jam diperoleh dari cadangan gula yang disimpan di hati, lemak dan otot. Juga diusahakan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

2. Pilihlah makanan yang tepat saat berbuka puasa
Menu yang dipilih pada saat berbuka sebaiknya terdiri dari makanan pembuka berupa minuman atau makanan manis, seperti kolak pisang, kurma atau teh manis.Karena Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah. Setelah shalat magrib kemudian dilanjutkan dengan makan makanan pelengkap seperti nasi atau pengganti nasi, lauk-pauk, sayuran dan buah.

3. Jangan langsung makan dan minum minuman dingin yang mengandung es
Hindarilah langsung mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin yang mengandung es saat buka puasa. Sebaiknya, biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila langsung berbuka puasa dengan air dingin. Usahakan jumlah cairan yang masuk mencukupi (1-2 liter) sehingga tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum minum untuk membatalkan puasa, karena Air itu Hidup !Khasiatnya akan lebih baik setelah didoakan, karena strukturnya berubah menjadi berbentuk kristal. Believe or not?! You must believe !

4. Konsumsi Vitamin

Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Bila perlu ditambah dengan suplemen multivitamin jika buah-buahan dan sayuran kurang mencukupi untuk dikonsumsi. Ini fitur tambahan buat menjaga kesehatan agar lebih optimal.

5. Olahraga kecil
Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga untuk bermalas malasan dan tidur siang terlalu lama. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk yang satu ini, pilihlah olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki, fitnes ringan juga pilihan yang tepat. Sekalian ngabuburit. Semoga tips kecil ini berguna bagi Anda.





Demikian lah Tips menjaga Kesehatan saat Berpuasa 2012 . 




http://blogi-one.blogspot.com/2012/07/tips-menjaga-kesehatan-saat-berpuasa.html




0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar

Followers

Tips menjaga Kesehatan saat Berpuasa 2012