Blog Manja adalah blog yang berbagi informasi seputar puisi cinta romantis kata mutiara kesehatan dan kecantikan serta dilengkapi dengan info menarik bagi anda

Ternyata Samsung Tolak Tawaran Lisensi Paten dari Apple

(Amerika Serikat): Sobat Dering, untuk mengakhiri perseteruan di pengadilan dengan Apple, beberapa waktu yang lalu Samsung pernah menawarkan opsi lisensi silang kepada Apple. Jika disetujui Apple, maka kedua raksasa industri smartphone tersebut dapat mengakses properti intelektual masing-masing yang menjadi sengketa saat ini.

Dokumen yang menyebutkan Samsung akan membayar 250 juta dollar untuk lisensi paten Apple

Namun tawaran Samsung tersebut sepertinya terlambat, Apple terlanjur membawa sengketa paten dengan Samsung ke pengadilan. Kasus sengketa paten yang menarik perhatian dunia ini sebenarnya tidak harus terjadi jika Samsung menerima tawaran Apple di tahun 2010. Dari sebuah dokumen yang berlabel “sangat rahasia”, diketahui bahwa Apple pernah menawarkan beberapa paten mereka kepada  Samsung di tahun 2010.

Dari dokumen tersebut terungkap bahwa Apple menawarkan beberapa paten mereka ke Samsung dengan catatan Samsung harus membayar US$ 3o untuk setiap unit smartphone dan US$ 40 untuk setiap unit tablet yang mereka produksi. Artinya Samsung mendapat potongan 20% dari Apple untuk setiap lisensi paten Apple yang mereka gunakan.
Penawaran ini dilakukan Apple karena mereka menilai Samsung adalah suplier strategis bagi Apple. Untuk itu pada tanggal 5 Oktober 2010, Apple melakukan presentasi penawaran tersebut kepada Samsung, lengkap dengan kesepakatan lisensi paten. Namun menurut Apple, Samsung ingkar dari penjajakan kerjasama tersebut.

Seperti yang diketahui, Samsung akhirnya merilis ponsel dan tablet dengan seri Galaxy dan Galaxy Tab, yang dinilai Apple, telah menjiplak produk iPhone dan iPad mereka. Inilah yang menjadi awal sengketa Samsung dengan Apple.
Berdasarkan data, Apple menilai mereka telah kehilangan potensi pendapatan sebesar US$ 250 juta di tahun 2010, akibat ulah vendor asal Korea tersebut. Hingga tahun 2012, Apple mengklaim bahwa Samsung telah melanggar hak paten mereka sebesar 21 juta unit. (**)



0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar

Followers

Ternyata Samsung Tolak Tawaran Lisensi Paten dari Apple