Blog Manja adalah blog yang berbagi informasi seputar puisi cinta romantis kata mutiara kesehatan dan kecantikan serta dilengkapi dengan info menarik bagi anda

Serangga tanah, ciri dan peranannya bagi kehidupan

Serangga tanah, ciri dan peranannya bagi kehidupan

 Setelah sebelumnya saya sajikan informasi  tentang klasifikasi serangga dan ciri antomi fisiologisnya, kali ini lebih spesifik saya menyajikan tentan serangga tanah. Serangga tanah terdiri dari beberapa ordo yang masing-masing ordo memiliki ciri sebagai berikut:
1.      Hymenoptera
Secara terminologi Hymemoptera berasal dari dua kata yaitu Hymen- (membran) dan -ptera (sayap). Hymemoptera memiliki dua pasang sayap membran dengan pasangan sayap belakang lebih kecil dari sayap depan. Tipe alat mulut pengunyah termodifikasi menjadi tipe penghisap-penjilat pada bentuk yang lebih maju, seperti lebah. Hymemoptera megalami metamorfosis sempurna dan larva memiliki kepala yang berkembang dengan baik, larva kadangkala membuat cocoon. Ordo ini terdiri dari  2 famili yaitu formicidae dan ponerinae (Litsinger, 1994).
2.      Orthoptera
 Nama ordo ini didasarkan kepada sayapnya yang lurus (Ortho- = lurus dan -ptera = sayap), Metamorphosis terjadi secara bertahap (tidak sempurna). Serangga dewasa dan nympha merupakan hewan darat. Pada daerah temperata, Orthoptera seringkali hanya memiliki satu generasi untuk satu tahun, dan musim dingin dilewati dalam tahapan telur, produksi suara pada Orthoptera (belalang dan jangkrik)  dihasilkan dengan menggesekkan beberapa bagian tubuh secara bersamaan. Perilaku ini disebut stridulation (stridulasi) yang biasanya berguna dalam proses pencarian pasangan. Ordo ini terdiri dari dua family yaitu gryllidae dan acrinididae. Anggota dari ordo ini diantaranya belalang, jangkrik, belalang sembah, belalang ranting dan belalang daun (Candrakirana, dkk, 1999).
3.      Coleoptera
 Coleoptera memiliki dua pasang sayap. Sayap depan mengalami spesialisasi dan menjadi ciri pengenal utama untuk ordo ini. Sayap depan mengalami pengerasan dan membentuk suatu perisai yang disebut elytra. Bentuk sayap yang unik ini yang mendasari pemberian nama ordo ini (Coleo- = kelopak dan -ptera = sayap). Baik serangga muda maupun dewasa memiliki alat mulut dengan tipe pengunyah. Berkulit keras, eksoskeleton tebal. Coleoptera mengalami metamorfosis sempurna. Ordo ini ditemukan pada hampir seluruh tipe habitat seperti pada tumbuhan, di permukaan tanah, di dalam tanah, di air, di dalam biji dan buah,dan bahkan di sarang semut. Ordo ini terdiri dari 10 famili yaitu dermestidae, leiodidae, chrysomelidae, scarabaeidae, lyctidae, coccenelidae, curculiodidae, chironomiidae, bosthricidae, dan staphilynidae (Litsinger, 1994).
4.      Diptera
 Ordo ini memiliki dua pasang sayap (Di- = dua dan -ptera = sayap). Tipe mulut menusuk dan menghisap, kelompok yang lain memiliki tipe memarut dan menjilat. Mata biasanya berukuran besar. Antena memiliki jumlah segmen yang bervariasi dari 3-40 buah. Diptera megalami metamorfosis sempurna dengan larva yang tidak berkaki. Pupa terbentuk di luar atau di dalam kulit tahapan  larva yang terakhir. Ordo ini terdiri dari 7 familli yaitu drosophilidae, policopididae, agromyzidae, mydidae, simuliidae, syrphidae, dan culicidae (Candrakirana, 1999).
5.      Thysanoptera
 Ordo ini merupakan serangga berukuran kecil (panjang tubuh 2-3 mm). Keunikan dari serangga ini adalah keberadaan dua pasang sayap yang berjumbai-jumbai dengan rambut-rambut yang panjang, yang merupakan asal nama ordo (Thysanos- = hiasan tepi yang berjumbai-jumbai dan –ptera = sayap). Alat mulut  berbentuk kerucut merupakan tipe memarut-menghisap. Termasuk serangga perusak pada tumbuhan budidaya dan sebagian adalah predator yang memangsa tungau dan serangga kecil yang dapat ditemukan dibawah kulit kayu dari pohon yang mati dan penutup tanah. Selain itu, serangga ini juga  ditemukan pada bunga di sekitar daerah stamen. Ordo ini terdiri dari 2 famili yaitu aeolothripidae dan thripidae (Litsinger, 1994).
6.      Hemiptera
 Bentuk sayap mendasari pemberian nama ordo (Hemi- = setengah dan ptera = sayap). Sepasang sayap depan disebut hemelytra adalah pengenal  utama bagi ordo ini.  Tubuh pipih, dan perut yang  bersatu dengan dada. Alat mulut tipe penusuk-penghisap. Antena cukup panjang dan mata majemuk yang  dimiliki oleh serangga ini biasanya berkembang dengan baik. Ordo ini terdiri dari 2 famili yaitu piesmatidae dan thyreocoriae (Candrakirana, dkk, 1999). 
7.      Dermaptera
 Secara terminologi Dermaptera berasal dari bahasa Yunani, Derma- (kulit) dan –ptera (sayap). Merupakan kelompok serangga dengan panjang tubuh, kira-kira 13 mm dengan sepasang penjepit yang kuat pada abomen yang merupakan hasil modifikasi dari cerci. Alat mulut tipe pengunyah yang sederhana, mata majemuk yang besar, ocelli biasanya tidak ada, antena panjang, langsing, dan memiliki banyak segmen. Ordo ini terdiri dari famili charchinoporidae (Litsinger, 1994).
8.      Isoptera
 Karakteristik sayap menjadi dasar pemberian nama ordo ini yang berasal dari bahasa Yunani (Iso- = sama dan –ptera = sayap). Rayap, adalah salah satu anggota dari ordo ini, merupakan serangga dengan ukuran tubuh sedang. Tipe metamorfosis bertahap. Sayap depan dan belakang memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Tipe alat mulut adalah pengunyah dan memiliki antena  seperti manik-manik. Hidup secara berkoloni seperti pada semut, memiliki beberapa tipe kasta sosial. Serangga ini banyak menghabiskan kehidupannya dalam tanah, kayu, dan terowongan di tanah yang mereka bangun. Koloni rayap yang baru biasanya dibentuk oleh bentuk reproduktif yang bersayap. Setelah melalui penerbangan yang singkat, sayap akan lepas, dan jantan serta betina membentuk pasangan. Raja dan ratu yang asli akan tetap kawin sepanjang hidupnya, dan keduanya terlibat dalam pemeliharaan keturunan yang pertama. Setelah pekerja dan tentara dihasilkan dari keturunan yang pertama, tugas ratu selanjutnya hanya bertelur. Ordo ini terdiri dari famili termitidae (Candrakirana, dkk, 1999).
9.      Odonata
 Nama ordo ini berasal dari bahasa Yunani (“rahang bergigi”) yang menggambarkan kemampuan predasi. Merupakan kelompok  serangga berukuran sedang sampai besar,  tergolong kelompok predator. Serangga dewasa memiliki bentuk tubuh langsing dengan  dua pasang sayap, mata majemuk yang besar, antena pendek berbentuk seperti rambut, alat mulut tipe pengunyah, kaki berkembang baik.Tiga insang pusat yang berbentuk seperti daun yang terdapat pada subordo Zygoptera. Odonata terbagi menjadi 3 subordo, yaitu Zygoptera (capung jarum atau damselflies),  Anisoptera atau capung biasa, dan Anisozygoptera. Ordo ini terdiri dari famili petaluridae (Litsinger, 1994).
10.  Lepidoptera
 Ordo ini merupakan ordo serangga dengan jumlah anggota terbesar. Tipe mulut penyedot (siphoning) dan menggulung di bawah kepala ketika tidak digunakan.  Kelompok serangga ini dikenal dengan ciri sayap bersisik (lepido) yang letaknya saling tumpang tindih. Sisik ini yang memberikan kekakuan dan warna pada sayap. Serangga hanya ini terdiri dari 1 famili yaitu tortricidae (Candrakirana, dkk, 1999).
Peranan Serangga Tanah
Menurut Setiadi (1998) serangga berperan penting di dalam ekosistemnya sebagaai perombak bahan organic yang tersedia bagi tumbuhan hijau. Nutrisi tanaman yang berasal dari berbagai residu tanaman akan mengalami proses perombakan sehingga berbentuk humus sebagai sumber nutrisi bagi tanah. Serangga tanah memainkan peranan yang sangat penting dalam pembusukan zat atau bahan-bahan organik.
Serangga pemakan bahan organik yang membusuk membantu merubah zat-zat organic menjadi zat yang lebih sederhana yang dikembalikan ke tanah, mereka juga bertindak menyingkirkan zat-zat yang tidak sehat dan berbahaya dari lingkungan (Borror, 1992). Wallwork (1976) menegaskan bahwa serangga tanah juga berfungsi sebagai perombak materil tanaman, serasah, bangkai, parasit, pemangsa, dan penghancur kayu. Peranan tersebut tidak dapat dirasakan langsung oleh manusia tetapi dapat dimanfaatkan setelah melalui jasa biota lainnya. Oleh karena itu, peranan utamanya di dalam ekosistem menjadi kurang mendapat perhatian. Padahal tanpa kehadirannya, perombakan tumpukan bahan organic di sekeliling kita berjalan sangat lambat.





0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar

Followers

Serangga tanah, ciri dan peranannya bagi kehidupan